Rabu, 28 Mei 2014

Contoh Proposal Kewirausahaan

PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN





NAMA KELOMPOK :
- ANITA ZAHARA.MH
- CINDI FEBRIANTI
- SINTA PUTRI DEWI
- SITI NURFADILLAH







SMA N 8 KOTA JAMBI
TAHUN AJARAN 2012/2013



KATA PENGANTAR



Puji syukur panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kemudahan kepada kami untuk menyelesaikan proposal ini.
Dalam penyusunan proposal ini dibuat sedemikian rupa, sehinngga dapat dipahami dengan mudah konsep-konsep yang disajikan. Proposal ini adalah rancangan yang dapat dijadikan suatu pembentukan usaha bagi wirausahawan yang akan berwirausaha manik-manik.
                                                                                         








  Jambi,   Febuari 2013




















A.Pendahuluan

Latar belakang

Pada saat ini banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan sehingga tak sempat untuk menghiasi rumah mereka. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli nya daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis manik manik.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar. Yang terpenting adalah berani mencoba dan memulai. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada gagal mencoba.


A. Aspek manajemen
Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal
Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 4 orang
2 orang bertugas membuat manik-manik
2 orang bertugas mencari bahan manik-manik



B. Aspek Pemasaran

a) Target Pasar
yang merupakan kunci penting untuk diperhatikan.
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga.
Pesaing kita dari perusahaan katering lainnya

b) Konsep pemasaran
disini kami akan membuat terobosan manik-manik yang terbaru dan lebih kreatif agar beda dari wirausaha yang lain.


c) Produk dan penetapan Harga
Untuk menetapkan harga kita perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga Anda. Tidak jarang harga kita terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Anda perlu misalnya mencari suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan handicraft dari manik-manik ini.


d) Distribusi dan Promosi
Dalam bisnis yang utama dalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Penawaran bisa dilakukan di dunia maya, seperti di social media. Di awal Anda membuka usaha, buatlah promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan



C. Aspek Operasional

Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Misalnya untuk usaha manik-manik ini , paling tidak yang dibutuhkan adalah mengerti dalam membuat handicraft dari manik-manik. Tetapi lebih bagus lagi jika memang anda sudah ahli. Lokasi bisnis ini di jalankan ditempat keramaian. Misalnya di pasar, atau mall agar mudah dijangkau semua orang.



D. Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha manik-manik

Apa yang menjadi kunci sukses usaha manik-manik ini?
Punya Visi
Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
Rencana Matang
Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa. Misalnya dalam paket catering pernikahan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi, semuanya harus masuk "check-list". Hal ini untuk menghindarkan situasi yang "chaos"(tumpang-tindih, RED), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang. Anda tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering telah Anda pikirkan.

E. Aspek Keuangan


Pada aspek keuangan ini, bisnis kami anggap saja modal dari bagi modal yang terdiri dari 4orang, per orangnya mengeluarkan modal Rp 500.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 2.000.000,00 Berikut ini kita tampilkan proyeksi keuangan :


1. Kas Rp 2.000.000,00
Modal Rp 2.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)
2. Perlengkapan Rp 1.200.000,00
Kas Rp 800.000,00
3.penyewaan toko  Rp.500.000
Kas Rp. 300.000,00


Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan

Pendapatan

Rp
Biaya-biaya
Biaya Tenaga Kerja Rp
Biaya Bahan Baku Rp 2.000.000,00 +
Rp 3.200.000,00 +
Laba Rp 600.000,00


Tidak ada komentar:

Posting Komentar